Upaya Menciptakan Kali Jambe Bersih dari Sampah

By Bram 17 Des 2020, 14:45:49 WIBDaerah

Kegiatan Pembersihan Kali Jambe di Jembatan Graha Prima Desa Mangunjaya Kecamatan Tambun Selatan

 Setelah sepekan dilakukan pembersihan aliran Kali Jambe, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, kini sudah terlihat hasilnya. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi akan terus berupaya mengeruk lumpur di beberapa kali/sungai yang terjadi pendangkalan.

"Setelah dilakukan pengerukan menggunakan alat berat selama satu minggu, aliran Kali Jambe sekarang ini sudah lancar,” ujar Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, Selasa (24/11/2020).

Pemkab Bekasi meluncurkan pekan gotong royong Bekasi bebas banjir, Sabtu (14/11/2020) lalu. Gerakan bersih-bersih sungai secara masif dengan melibatkan Polri, TNI (Forkopimda Kabupaten Bekasi) serta elemen masyarakat lainnya, telah terlihat hasilnya.

"Pengerukan sampah dan lumpur di Kali Jambe akan terus dilanjutkan dengan menambah alat berat. Targetnya, air kali tidak meluap lagi pada saat musim hujan,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Tambun Selatan, Junaefi, menambahkan selama ini aliran di Kali Jambe menjadi sumber banjir bagi warga Tambun Selatan. "Ada lima desa yang terdampak luapan Kali Jambe,” kata Junaefi.

Bahkan, kata dia, luapan Kali Jambe bisa mencapai 2,5 meter merendam permukiman warga. Dengan adanya program pekan gotong royong tersebut, warga menyambut gembira dan diharapkan Kali Jambe dapat ditata oleh pemerintah daerah seperti kawasan kanal banjir timur (KBT) di DKI Jakarta.

"Kali Jambe telah diperbaiki dan diharapkan, tidak menimbulkan banjir yang kerap meresahkan warga,” pungkasnya. (Adm-Brm) 


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment