Pelaksanaan Pilkades Mangunjaya Tambun Selatan Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat

By Bram 21 Des 2020, 13:03:40 WIB

Camat Tambun Selatan bersama Jajaran Kecamatan Melakukan Monitoring Pilkades Mangunjaya 2020

Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, menerapkan protokol kesehatan ketat. Camat Tambun Selatan Junaefi, S.STP, M.Si Penerapan protokol kesehatan dilakukan secara ketat sesuai dengan instruksi dari Kementrian Dalam Negeri dan Bupati Bekasi H. Eka Supriatmaja, SH ujar Camat Junaefi di Kantor Desa Mangunjaya, Minggu (20/12/2020).

Protokol kesehatan, kata  Camat Junaefi, mulai dari menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, masker bagi warga yang tak memakai masker. "Terus juga semuanya antrean jaga jarak di TPS. Ada keamanan dari TNI Polri per TPS 7 hingga 10 orang yang berjaga," ujarnya.Selain itu, tim kesehatan dari puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi dilibatkan untuk membantu pengecekan suhu.Serta penanganan jika ada masyarakat yang memiliki suhu tubuh diatas normal.Untuk warga yang suhu tubuhnya diatas normal dan reaktif disediakan bilik suara khusus pemilih. "Ada bilik suara yang dikhususkan, tapi sampai saat ini tidak ada laporan terkait penggunaan bilik khusus," ujarnya.

Protokol kesehatan diterapkan secara ketat saat pelaksaan pilkades di desa tersebut. Pemilih wajib memakai masker, dicek suhu tubuh, dan mencuci tangan. "Selama di area juga wajib menjaga jarak, panitia juga wajib pakai masker dan pelindung wajah. Semuanya itu ketat, bahkan ada petugas kesehatan yang melakukan mengawasi," katanya.Salah seorang warga, Yoga (27) mengatakan, pilkades di desa kali ini tidak terlalu euforia. Pasalnya, dilaksanakan saat pandemi virus corona atau Covid-19. Dia menilai, penerapan protokol kesehatan sudah diterapkan secara baik."Ya memang secara protokol sudah sangat baik. Tapi rasanya kok kurang euforianya ya dibandingkan yang lalu," tuturnya. Harapannya, pelaksanaan pilkades berjalan aman dan lancar, serta tidak terjadi penularan corona.Untuk calon yang terpilih, dia berharap agar dapat membawa perubahan bagi desa mereka."Ya berharap siapa pun yang terpilih, agar mampu bekerja, terutama memperbaiki infrastruktur dan agar warga dipermudah saat mengurus dokumen," ujarnya. 

 

 

 


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment